Home » » Jaring insang sapu ( rowed gillnet )

Jaring insang sapu ( rowed gillnet )


Bagian-bagian dari jaring insang baik itu jaring insang satu lembar, dua lembar maupun tiga lembar terdiri dari :

  • Pelampung ( float )
  • Tali Pelampung ( float line )
  • Tali Ris Atas dan Bawah (head and ground rope)
  • Tali penggantung badan jaring bagian atas dan bawah ( upper and under bolch line )
  • Srampad Atas dan Bawah ( upper and under selvedge )
  • Badan jaring atau jaring utama ( main net )
  • Tali Pemberat ( sinker line )
  • Pemberat ( sinker )



1. Pelampung ( float )
Terbuat dari bahan yang mempunyai daya apung dengan bentuk beraneka ragam.
Nelayan jaring insang yang masih belum maju, ukuran, bentuk bahan dan daya apung dalam satu tingting (piece) berbeda-beda meskipun target tangkapannya sama.

2. Tali Pelampung ( float line ) Adalah tali untuk memasang pelampung, terbuat dari bahan sintetis seperti haizek, vinylon, polyvinyl chloride, saran atau bahan lain yang bisa dipakai untuk tali pelampung. Arah pintalan tali pelampung dengan arah pintalan tali ris atas umumnya berlawanan ( pintal kanan atau S dan pintal kiri atau Z )

3. Tali Ris Atas dan Bawah (head and ground rope) Tali ris atas fungsinya untuk menggantungkan badan jaring yang dipasang dibawah tali pelampung. Tali ris bawah untuk menggantungkan badan jaring dibagian bawah yang dipasang di atas tali pemberat. Panjang masing-masing tali ris ditambah sekitar 30 – 50 cm, untuk menyambung antara piece yang satu dengan piece yang lainnya.

4. Tali penggantung badan jaring bagian atas dan bawah ( upper and under bolch line ) Untuk mnggantungkan badan jaring pada tali ris.

5. Srampad Atas dan Bawah (upper and under selvedge ) Adalah susunan mata jaring yang ditambahkan pada badan jaring utama. Tujuannya adalah sebagai penguat badan jaring untuk mempermudah pengoperasian jaring. Bahan serampad atas dan bawah sama dengan bahan badan jaring utama, nomor benangnya biasanya 2-3 kali lebih besar dari nomor benang jaring utama.

6. Badan jaring atau jaring utama ( main net ) Badan jaring utama pada jaring satu lembar terdiri satu lembar. Badan jaring utama pada jaring dua lembar terdiri dari dua lembar jaring yang ukuran mata jaring dan tinggi mata jaring berbeda satu sama lain. Jenis jaring insang tiga lembar, terdiri dari satu lembar jaring bagian dalam dan dua lembar jaring bagian luar. Besar mata jaring bagian luar berkisar sekitar 5 – 6 kali besar mata jaring bagian dalam. Bahan jaringnya umumnya dari bahan amilan, nylon, tengus atau bahan sintetis lainnya. 7. Tali Pemberat ( sinker line ) Dipakai untuk memasang pemberat yang bahanya dari tali sintetis. Arah pintalan tali pemberat dengan arah pintalan tali ris bawah. 8. Pemberat ( sinker ) Terbuat dari bahan yang mempunyai daya tenggelam dengan bentuk yang beraneka ragam.

Gambar-gambar gillnet :


Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LEMBAR INFORMASI PERIKANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger